Senin, 04 Mei 2015

ANALISIS SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

BAB I
PENDAHULUAN
A.    ANALISIS SITUASI
1.      kondisi Sekolah
a.       Identitas Sekolah
1)      Nama Sekolah                   : SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta
2)      Alamat Sekolah                 : Jl. K. Piere Tendean No. 41     Wirobrajan
3)      NDS                                  : 3004050016
4)      NSS                                   : 30202426008062
5)      Status                                : Akreditasi A
6)      Didirikan                           : 1989
7)      SK Pendirian                     : Nomor 015/I.13/H/Kpts/1989
i.                    Tanggal 16 Januari 1989
ii.                  Oleh Kakanwil Depdikbud Profinsi DIY
8)      Waktu Penyelenggaraan   : Pagi
9)      Yayasan Penyelenggara    : PDM Dikdasmen Kota Yogyakarta
b.      Data Sekolah
SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dari tahun ke tahun telah mematuhi segala peraturan yang harus diselenggarakan dari Pemerintah maupun dari Yayasan sehingga memperolah surat keputusan sebagai berikut:
1)      Piagam Tercatat
Nomor                   :-
Tanggal                 : 5 Juni 1990
Oleh                      : Dirjen Dikdasmen Jakarta
2)      Piagam Pendirian
Nomor                   : 4478/II.198/DIY.89/1991
Tanggal                 : 7 Mei 1991
Oleh                      : PP Muhammadiyah Majlis P dan K
3)      Jenjang Akreditasi
Nomor                   : 273/C.C7/Kep/MN/1999
Tanggal                 : 17 September 1999
Oleh                      : Dirjen Dikdasmen Jakarta
4)      Jenjang Akreditasi
Nomor                   : 91/BAS.DIY/III/2005
Tanggal                 : 9 Maret 2005
Oleh                      : Badan Akreditasi Sekolah Profinsi DIY
Hasil                      : Peringkat Akreditasi A. Nilai 92,81

2.      Visi
Unggul dalam berprestasi nerdasarkan IMTAQ dan berwawasan IPTEK.
3.      Misi
a.       Mewajibkan siswa tadarus, shalata berjama’ah dhuhur dan jum’at.
b.      Mengadakan pengajian umum/kelas/kelompok.
c.       Mengoptimalkan kegiatan pondok pesantren.
d.      Melaksanakan pembinaan melalui mata pelajaran.
e.       Melaksanakan KBM efektif dan efisien.
f.       Meningkatkan profesionalisme guru.
g.      Melaksanakan evaluasi secara continue.
h.      Melaksanakan pendalaman materi.
i.        Mengoptimalkan penggunaan LKS.
j.        Mengoptimalkan fungsi perpustakaan, laboratorium IPA/ Komputer.
k.      Melengkapi sarana dan prasarana
4.      Tujuan
a.       Mewujudkan manusia muslim yang bertakwa kepada Tuhan YME.
b.      Mewujudkan manusia muslim yang cerdas serta berkualitas.
c.       Mewujudkan manusia muslim yang mampu bersaing dalam era global.
d.      Mewujudkan manusia muslim yang berguna bagi bangsa, Negara dan agamanya.
5.      Tantangan nyata
a.       Belum tersedianya dokumen kurikulum (KTSP) belum lengkap baik berupa silabus, RPP, maupun perangkat evaluasi/ penilaian.
b.      Masih kurang optimalnya fungsi dan peran Tim Pengembang sekolah.
c.       Masih adanya kesenjangan muatan kurikulum dengan karakteristik siswa.
d.      Masih adanya beberapa guru yang kurang mampu memanfaatkan metode pembelajaran yang efektif dan inpvatif.
e.       Masih kurangnya optimal SDM guru maupun tenaga pelaksana tata usaha dalam bekerja.
f.       Masih terdapatnya sebagian kecil (+2%) guru yang berkualifikasi pendidikan dll.
g.      Masih menyatunya gedung laboratorium Fisika dan Biologi dengan Laboratorium Kimia (Lab. IPA).
h.      Terbatasnya dana untuk pengembangan sarana dan prasarana sekolah.
i.        Masih lemahnya sistem pengelolaan informasi kepada masyarakat.
j.        Masih terbatasnya ketersediaan dana untuk pengembangan sekolah.
k.      Guru kurang mampu mengembangkan sistem penilaian.
l.        Masih lemahnya kerjasama sekolah dengan masyarakat dalam pengembangan sekolah.





Rumusan visi
Indikator
Rumusan misi
Rumusan tujuan
Contoh program
Unggul dalam berprestasi berdasarkan IMTAQ dan berwawasan IPTEK
Unggul dalam proses pembelajaran
Memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu dan tangguh
Sekolah mampu meningkatkan profesionalisme guru
Pengadaan workshop
Sekolah mampu menyediakan fasilitas pembelajaran yang lengkap mutakhir dan berwawasan kedepan
Penyediaan pusat sumber belajar
Unggul dalam prestasi non akademik
Meningkatkan tanggung jawab, percaya diri dan semangat untuk berkompetisi pada peserta didik
Sekolah mampu menyelenggarakan program extra kurikuler dengan optimal
Pembinaan peserta didik di bidang seni
Sekolah mampu melaksanakan pembinaan peserta didik secara kompetitif
Pembinaan program kepemimpinan
Pembinaan hizbul wathan
Pembinaan tapak suci
Unggul dalam aktivitas keagamaan
Meningkatkan tanggung jawab, kejujuran, percaya diri, dan semangat untuk berkompetisi pada peserta didik
Sekolah mampu meningkatkan pengetahuan keagamaan bagi peserta didik (SKL)
Mewajibkan siswa tadarus, sholat berjama’ah dzuhur dan sholat jum’at
Sekolah mampu meningkatkan penghayatan dan pengamalan keagamaan bagi peserta didik (SKL)
Pengadaan pengajian kelompok atau kelas
Pengadaan kegiatan pesantren
Unggul dalam IPTEK
Meningkatkan peserta didik agar mampu menguasai IPTEK
Sekolah mampu menyediakan fasilitas berbasis IPTEK
Pengadaan extra kurikuler komputer
Siswa mampu menguasai pembelajaran yang berwawasan tekhnologi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar