BAB
I
PENDAHULUAN
A. ANALISIS SITUASI
1. kondisi Sekolah
a. Identitas Sekolah
1) Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta
2) Alamat Sekolah : Jl. K. Piere Tendean No. 41 Wirobrajan
3) NDS :
3004050016
4) NSS :
30202426008062
5) Status :
Akreditasi A
6) Didirikan : 1989
7) SK Pendirian :
Nomor 015/I.13/H/Kpts/1989
i.
Tanggal
16 Januari 1989
ii.
Oleh
Kakanwil Depdikbud Profinsi DIY
8) Waktu Penyelenggaraan : Pagi
9) Yayasan Penyelenggara : PDM Dikdasmen Kota Yogyakarta
b. Data Sekolah
SMA Muhammadiyah
7 Yogyakarta dari tahun ke tahun telah mematuhi segala peraturan yang harus
diselenggarakan dari Pemerintah maupun dari Yayasan sehingga memperolah surat
keputusan sebagai berikut:
1) Piagam Tercatat
Nomor :-
Tanggal : 5 Juni 1990
Oleh : Dirjen Dikdasmen Jakarta
2) Piagam Pendirian
Nomor : 4478/II.198/DIY.89/1991
Tanggal : 7 Mei 1991
Oleh : PP Muhammadiyah Majlis P
dan K
3) Jenjang Akreditasi
Nomor : 273/C.C7/Kep/MN/1999
Tanggal : 17 September 1999
Oleh : Dirjen Dikdasmen Jakarta
4) Jenjang Akreditasi
Nomor : 91/BAS.DIY/III/2005
Tanggal : 9 Maret 2005
Oleh : Badan Akreditasi Sekolah
Profinsi DIY
Hasil : Peringkat Akreditasi A.
Nilai 92,81
2. Visi
Unggul dalam
berprestasi nerdasarkan IMTAQ dan berwawasan IPTEK.
3. Misi
a. Mewajibkan siswa tadarus, shalata
berjama’ah dhuhur dan jum’at.
b. Mengadakan pengajian
umum/kelas/kelompok.
c. Mengoptimalkan kegiatan pondok
pesantren.
d. Melaksanakan pembinaan melalui mata
pelajaran.
e. Melaksanakan KBM efektif dan efisien.
f. Meningkatkan profesionalisme guru.
g. Melaksanakan evaluasi secara continue.
h. Melaksanakan pendalaman materi.
i.
Mengoptimalkan
penggunaan LKS.
j.
Mengoptimalkan
fungsi perpustakaan, laboratorium IPA/ Komputer.
k. Melengkapi sarana dan prasarana
4. Tujuan
a. Mewujudkan manusia muslim yang bertakwa
kepada Tuhan YME.
b. Mewujudkan manusia muslim yang cerdas
serta berkualitas.
c. Mewujudkan manusia muslim yang mampu
bersaing dalam era global.
d. Mewujudkan manusia muslim yang berguna
bagi bangsa, Negara dan agamanya.
5. Tantangan nyata
a. Belum tersedianya dokumen kurikulum
(KTSP) belum lengkap baik berupa silabus, RPP, maupun perangkat evaluasi/
penilaian.
b. Masih kurang optimalnya fungsi dan peran
Tim Pengembang sekolah.
c. Masih adanya kesenjangan muatan
kurikulum dengan karakteristik siswa.
d. Masih adanya beberapa guru yang kurang
mampu memanfaatkan metode pembelajaran yang efektif dan inpvatif.
e. Masih kurangnya optimal SDM guru maupun
tenaga pelaksana tata usaha dalam bekerja.
f. Masih terdapatnya sebagian kecil (+2%)
guru yang berkualifikasi pendidikan dll.
g. Masih menyatunya gedung laboratorium
Fisika dan Biologi dengan Laboratorium Kimia (Lab. IPA).
h. Terbatasnya dana untuk pengembangan
sarana dan prasarana sekolah.
i.
Masih
lemahnya sistem pengelolaan informasi kepada masyarakat.
j.
Masih
terbatasnya ketersediaan dana untuk pengembangan sekolah.
k. Guru kurang mampu mengembangkan sistem
penilaian.
l.
Masih
lemahnya kerjasama sekolah dengan masyarakat dalam pengembangan sekolah.
|
Rumusan visi
|
Indikator
|
Rumusan misi
|
Rumusan tujuan
|
Contoh program
|
|
Unggul dalam berprestasi
berdasarkan IMTAQ dan berwawasan IPTEK
|
Unggul dalam proses pembelajaran
|
Memberdayakan pendidik dan tenaga
kependidikan yang mampu dan tangguh
|
Sekolah mampu meningkatkan
profesionalisme guru
|
Pengadaan workshop
|
|
Sekolah mampu menyediakan
fasilitas pembelajaran yang lengkap mutakhir dan berwawasan kedepan
|
Penyediaan pusat sumber belajar
|
|||
|
Unggul dalam prestasi non akademik
|
Meningkatkan tanggung jawab,
percaya diri dan semangat untuk berkompetisi pada peserta didik
|
Sekolah mampu menyelenggarakan
program extra kurikuler dengan optimal
|
Pembinaan peserta didik di bidang
seni
|
|
|
Sekolah mampu melaksanakan
pembinaan peserta didik secara kompetitif
|
Pembinaan program kepemimpinan
|
|||
|
Pembinaan hizbul wathan
|
||||
|
Pembinaan tapak suci
|
||||
|
Unggul dalam aktivitas keagamaan
|
Meningkatkan tanggung jawab,
kejujuran, percaya diri, dan semangat untuk berkompetisi pada peserta didik
|
Sekolah mampu meningkatkan
pengetahuan keagamaan bagi peserta didik (SKL)
|
Mewajibkan siswa tadarus, sholat
berjama’ah dzuhur dan sholat jum’at
|
|
|
Sekolah mampu meningkatkan
penghayatan dan pengamalan keagamaan bagi peserta didik (SKL)
|
Pengadaan pengajian kelompok atau
kelas
|
|||
|
Pengadaan kegiatan pesantren
|
||||
|
Unggul dalam IPTEK
|
Meningkatkan peserta didik agar
mampu menguasai IPTEK
|
Sekolah mampu menyediakan
fasilitas berbasis IPTEK
|
Pengadaan extra kurikuler komputer
|
|
|
Siswa mampu menguasai pembelajaran
yang berwawasan tekhnologi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar